Pemuda Katolik Cab. Semarang

Pro Ecclesia  Et Patria

Logo Pemuda Katolik

Pemuda Katolik merupakan organisasi kemasyarakatan pemuda yang dibentuk pada tanggal 15 November 1945 di Yogyakarta dengan Santo Pelindungnya Santo Yohanes Bercmans. Pemuda Katolik mempunyai semboyan Pro Ecclesia Et Patria yang memiliki arti Demi Gereja dan Tanah Air dengan ikrar yang terangkum dalam Tri Prasetya Pemuda Katolik.

Sebagai organisasi kemasyarakatan pemuda di lingkungan gereja, kami Kaum Muda Katolik Indonesia memikul peran dan tanggung jawab dalam mewujudkan Semangat Cinta Kasih dalam bentuk keterlibatan nyata dalam pembangunan Gereja, Bangsa dan Negara menuju tewujudnya cita-cita bersama.

Pemuda Katolik merupakan salah satu alternative ajang penempaan yang terbaik bagi Gereja Muda di masa yang akan datang dalam konteks pembinaan, kepemudaan dan kemasyarakatan yang tidak berafiliasi pada organisasi apapun.

Visi dan Misi Pemuda Katolik

Visi Pemuda Katolik adalah menghadirkan Generasi Muda Katolik Indonesia sebagai wadah kerasulan awam untuk merealisasikan transformasi sosial dalam masyarakat sesuai dengan gambaran Tata Kerajaan Allah.

Misi Pemuda Katolik adalah membentuk setiap anggota untuk lebih berani dan mampu mengaktualisasikan Panggilan Kristiani dalam kehidupan bermasyarakat sesuai dengan kehendak Allah secara kontekstual.

Azas Pemuda Katolik

Pemuda Katolik berazaskan Pancasila dan Ajaran Sosial Gereja dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Tujuan Pemuda Katolik

  1. Menegakan, memelihara, mengamalkan, dan membela nilai-nilai Pancasila, UUD’45 dan Ajaran Gereja Katolik.
  2. Mengembangkan watak Kristiani dalam diri Kaum Muda Katolik Indonesia, termasuk akan tanggung jawab dan kepekaannya terhadap masalah yang dihadapi oleh gereja dan nusa bangsanya.
  3. Mempersiapkan Kaum Muda Katolik untuk menjadi ‘penggerak kegiatan membangun’ yang tangguh bagi Gereja dan Bangsa Indonesia.
  4. Mempersiapkan Kaum Muda Katolik untuk menjadi pelopor kehidupan yang rukun, damai penuh kasih, toleransi positif dan kerjasama antar umat beragama yang lain.

Sasaran Pemuda Katolik

Sasaran Pemuda Katolik adalah membangun persaudaraan kebangsaan atas dasar penghargaan terhadap martabat manusia, pluralitas sebagai penampakan Allah dan Hak Asasi Manusia, serta mendorong terwujudnya solidaritas sosial sebagai basis kesejahteraan umum.

3 Komentar

  1. mari menulis di media baru ini,,,,
    proficiat untuk bang thomas yang sudah merintis blog untuk wmd,,,

    • kl untuk memberikan info lowongan pekerjaan untuk pemuda2 katholik di semarang yg membutuhkan… sy harus ke alamat mana? tlg info nya ke no (024) 91212212. sy dengan setiadi wijaya. makasih

  2. i miss that placee


Comments RSS

Tinggalkan komentar